Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong Kukuhkan 343 Wisudawan Angkatan XIV 👁️️ 1.699

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Sabtu, 04 Desember 2021 | 14:58 pm Berita

Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong Kukuhkan 343 Wisudawan Angkatan XIV

UNIMUDANews | Sidang Terbuka Senat Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong dalam rangka Wisuda Sarjana Angkatan XIV digelar pada Kamis (4/11) di Gedung Prof. Zamroni, Ph.D. Wisudawan angkatan ini berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan total wisudawan sebanyak 343. Wisuda Sarjana Angkatan XIV ini digelar meriah dengan dihadiri oleh pejabat-pejabat tinggi yang ada di wilayah Papua dan Papua Barat, diantaranya Kepala LLDIKTI XIV Papua dan Papua Barat, Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Gubernur Papua Barat, Ketua MUI Papua Barat, Bupati Sorong, Bupati Fak-Fak, Bupati Raja Ampat dan masih banyak lagi pejabat-pejabat yang turut hadir dalam kegiatan ini.

Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong sebagai Ketua Senat pada Sidang Terbuka Senat ini mengungkapkan rasa bangganya kepada para wisudawan yang hari ini telah resmi lulus.

"Saya merasa sangat bangga oleh para wisudawan pada kali ini dikarenakan sebanyak 80%  wisudawan berasal anak asli  Papua. Ini menandakan apa? Berarti Papua khususnya kota Sorong ini sudah ada kemajuan yang sangat pesat, karena mereka sudah berusaha hingga mampu menyelesaikan pendidikan hingga ke jenjang sarjana, ini suatu kebanggaan yang teramat dalam bagi saya sebagai Rektor" Ungkap Rustamadji.

Untuk mencapai momen wisuda memang butuh waktu yang cukup lumayan, namun Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong adalah tempat bagi kumpulan orang-orang yang berjiwa dan bersemangat muda.

Saat pembacaan surat keputusan rektor pada wisuda sarjana kemarin tercatat ada 10 wisudawan terbaik, dan salah satunya dinobatkan sebagai wisudawan tercepat. Wisudawan yang dinobatkan sebagai Wisudawan Tercepat dari program sarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Jasmani, dan 9 lainnya dinobatkan sebagai Wisudawan Terbaik yakni dari Program Studi Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Dan Informasi, dan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Sebagai bentuk apresiasi kepada 10 Wisudawan ini Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong memberikan tanda mata berupa Piagam dan Vandle. Penyerahan tanda mata ini berlangsung haru karena para wisudawa ditemani oleh orang tua tercinta.

Wisuda dianggap sebagai momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa, terlebih wisuda bukanlah hanya tentang memindahkan tali toga dari kiri ke kanan saja melainkan tentang peran sebagai mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan studi dengan baik.

Kepala LLDIKTI Wilayah XIV Papua dan Papua Barat, Dr. Suriel Semuel Mofu, S. Pd., M. Ed, TEFL., M. Phil., yang pada kesempatan ini juga memberikan sambutan mengungkapkan bahwa Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong mampu membuktikan bahwa UNIMUDA adalah kampus yang tinggi akan toleransi dan benar-benar mampu mendidik mahasiswanya dengan baik.

“Hari ini cuaca sedang terang-terangnya tetapi saya merasa disini gelap, gelap karena ‘hitam kulit keritng rambut, aku Papua’. Hari ini saya bangga, satu hal yang membuat saya sangat bangga adalah karena kali ini saya diundang untuk hadir dalam acara wisuda dan isinya 80% adalah orang asli Papua. UNIMUDA ini mampu membuat saya speechless ya karena meskipun kampus Islam tetapi justru mahasiswa yang ada dominan orang Papua, dan ini terbukti memang UNIMUDA hadir dengan toleransinya dalam masyarakat yang sangat tinggi. Hari ini juga saya melihat semua yang bertugas mulai dari MC, Pembaca Janji Alumni dan lainnya adalah anak-anak Papua. Ini sungguh prestasi yang luar biasa bagi saya.” Ungkap Mofu

Tak hanya itu pada akhir sambutannya Mofu juga menyampaikan pesan yang sangat mendalam bagi para wisudawan yakni “Pergilah, dan jadilah terang yang menerangi masyarakat Papua, terang yang bisa menerangi kegelapan. Kegelapan yang bukan karena tidak ada sinar matahari.” (Dr. Suriel S. Mofu, 2021)

Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuri, M.Si., yang turut hadir juga memberikan motivasi kepada seluruh wisudawan bahwa proses tidak mengkhianati hasil.

"Yang namanya proses itu dimana-mana tidak akan pernah mengkhianati hasil dan itu nyata saya mengapresiasi kepada para mahasiswa yang rajin sehingga saya bisa berada di tengah-tengah para wisudawan hari ini.” Tambah Johny.

Disaat yang bersamaan pada Wisuda Sarjana  ini, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong juga melakukan launching mobil Vaksinasi dan VSAT yang merupakan Hibah dari Diktiristek yang pada kesempatan ini ceremony tersebut dilakukan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XIV Papua dan Papua Barat, Dr. Suriel Semuel Mofu, S. Pd., M. Ed, TEFL., M. Phil., kepada Rekktor Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, serta Peresmian Gedung Zamroni yang ditandai dengan Penandatanganan Prasasti Gedung Prof. Zamroni oleh Gubernur Papua Barat.

Gedung Prof. Zamroni, Ph.D. ini sebelumnya merupakan Gedung Sportorium dan akhirnya memiliki nama dan resmi dinamankan Gedung Prof. Zamroni, Ph.D. Pemberian nama tersebut adalah karena Prof. Zamroni yang merupakan Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah ini adalah pihak yang paling berjasa yang membantu dalam mengurus izin pendirian STKIP Muhammadiyah Sorong. (kdx/rh)

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Sabtu, 04 Desember 2021 | 14:58 pm

Tulis Komentar Anda