Pertama di Papua Barat Daya - KONI Papua Barat Daya dan FPTI Launching Olahraga Pickleball di UNIMUDA Sorong 👁️️ 1.626

By Nursalim Selasa, 26 Maret 2024 | 14:29 pm Berita

Pertama di Papua Barat Daya - KONI Papua Barat Daya dan FPTI Launching Olahraga Pickleball di UNIMUDA Sorong

UNIMUDANews | Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong merayakan tonggak sejarah baru dalam dunia olahraga dengan peluncuran disiplin baru, pickleball, serta peninjauan olahraga panjat tebing. Acara yang diadakan di Gedung Zamroni UNIMUDA Sorong pada hari Senin (25/3/2024) ini merupakan hasil kerjasama antara UNIMUDA Sorong, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Ekonomi Kreatif Provinsi Papua Barat Daya Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua Barat Daya, dan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Papua Barat Daya.

Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si. dalam sambutannya, menyatakan, “Saya mengucapkan syukur dan terimakasih atas segala kepercayaan yang diberikan, saya akan membuktikan bahwa amanah kepercayaan yang diberikan kepada UNIMUDA akan menghasilkan karya-karya atlet panjat tebing di Papua Barat Daya. Kalau ada fasilitas sendiri berarti tidak menutup kemungkinan kita punya anak-anak Papua ini bisa juara dunia.

Yusdi N. Lamatenggo, S.Pi,. M.Si. selaku Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Ekonomi Kreatif Provinsi Papua Barat Daya, dalam sambutannya, mengatakan pentingnya mendukung diversifikasi dalam dunia olahraga. “Suatu kebanggan karena hari ini kita akan melihat bagaimana federasi panjat tebing berkiprah di Papua Barat Daya, dan saya yakin federasi panjat tebing dan pusatnya ada disini merupakan harapan yang cerah. Tidak salah memilih UNIMUDA menjadi pusat kegiatan pelatihan panjat tebing di Papua Barat Daya. Dan yang kedua, saya sangat bangga dan mendukung langkah UNIMUDA Sorong dalam memperkenalkan pickleball dan mengembangkan olahraga panjat tebing. Ini adalah langkah progresif dalam memperluas cakupan kegiatan olahraga di Papua Barat Daya.” Ujarnya.

Pickleball, yang merupakan perpaduan tenis, tenis meja, dan bulu tangkis, telah menjadi semakin populer di seluruh dunia dan olahraga baru di Indonesia. Pada tahun 2023, Pickleball diresmikan menjadi anggota KONI Indonesia. UNIMUDA Sorong melihat potensi besar untuk menggabungkan olahraga ini ke dalam program kegiatan mereka, tidak hanya sebagai alternatif untuk mahasiswa dan dosen, tetapi juga untuk masyarakat umum.

Sementara itu, FPTI Papua Barat Daya juga turut serta dalam peninjauan olahraga panjat tebing yang didemontrasikan oleh organisasi Mapala di UNIMUDA Sorong. Peninjauan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang olahraga ini serta untuk mengidentifikasi minat dan potensi dalam komunitas mahasiswa UNIMUDA yang menjadi kawah candra dibukanya panjat tebing Papua Barat Daya.

Harjito B, STP., M.Si. Ketua FTPI Papua Barat Daya yang juga turut hadir dalam launching pickleball dan peninjauan panjat tebing di UNIMUDA Sorong menegaskan, “kita komunikasi dengan UNIMUDA dan saya pastikan bahwa UNIMUDA menjadi bisa corong federasi panjat tebing Papua Barat Daya. Saya tidak janji, saya berusaha berkolaborasi kepada semua pihak, dan pada tahun ini kita sudah venue tersendiri di outdoor. Terimakasih pak rektor mungkin nanti ada bibit-bibit atlet yang mungkin mewakili Papua Barat Daya dalam PON Aceh dan Sumatera Utara.” Tegasnya.

Acara peluncuran dan peninjauan ini dihadiri oleh para pejabat universitas, dosen, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Ekonomi Kreatif Provinsi Papua Barat Daya, Ketua Harian KONI Papua Barat Daya dan FPTI Papua Barat Daya, serta mahasiswa Pendidikan Jasmani UNIMUDA Sorong. Setelah sambutan dan pidato, acara dilanjutkan dengan demonstrasi permainan pickleball dan peninjauan panjat tebing oleh beberapa dosen dan mahasiswa.

Pada akhir acara, suasana antusias dan semangat untuk menjajaki dan mengembangkan olahraga pickleball dan panjat tebing di UNIMUDA Sorong sangat terasa. Diharapkan dengan adanya inisiatif ini, akan tercipta atlet-atlet berprestasi dan semangat berolahraga yang lebih tinggi di kalangan mahasiswa serta masyarakat sekitar, memperkaya pengalaman belajar di Papua Barat Daya. (SHF)

By Nursalim Selasa, 26 Maret 2024 | 14:29 pm

Tulis Komentar Anda