LEMAWA Gelar BIMTEK Online Susun Strategi Teknik Penulisan Proposal PKM 👁️️ 782

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Senin, 21 Maret 2022 | 12:12 pm Berita

LEMAWA Gelar BIMTEK Online Susun Strategi Teknik Penulisan Proposal PKM

UNIMUDANews | Program Kreativitas Mahasiswa atau yang kerap dikenal dengan singkatannya yakni PKM merupakan program tahunan yang dibentuk oleh Ditjen Diktiristek yang merupakan suatu ajang bergengsi tingkat nasional bagi seluruh mahasiswa Indonesia untuk peningkatkan kreativitas mahasiswa agar dapat belajar, berkembang, dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dipelajari di perkuliahan kepada masyarakat luas.

PKM tahun ini diadakan untuk ikut mendukung program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dan menciptakan lulusan perguruan tinggi yang sesuai dengan Indikator Kinerja Utama yang menjadi landasan transformasi pendidikan tinggi yang ada di Indonesia.

Program ini dibuka kembali pada Senin, (21/3/22) Lembaga Kemahasiswaan (LEMAWA) UNIMUDA Sorong mengadakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) dengan mengusung tema “Strategi Teknik Penulisan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UNIMUDA Sorong”.

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini bertujuan untuk menunjang mahasiswa dalam proses pembuatan proposal PKM agar sesuai dengan pedoman atau panduan yang telah diberikan.

LEMAWA UNIMUDA Sorong yang menjadi penyelenggara kegiatan ini menghadirkan juri PIMNAS 2021, dimana dalam rangakain acara BIMTEK tersebut, beliau memberikan pengantar materi kemudian mereview beberapa proposal mahasiswa UNIMUDA Sorong yang mengikuti program PKM. 

Adapun salah satu juri yang hadir yaitu Ir. Henik Sukorini, M.P., Ph.D., IPM., yang pada kesempatan lalu menjadi juri PIMNAS pada tahun 2021, beliau berpesan kepada mahasiswa untuk taat mengikuti panduan dan memanfaatkan potensi lokal yang ada di kota Sorong.

“... yang pertama yang harus di garis bawahi adalah turuti panduan. Saya yakin di sorong ini judulnya bagus-bagus karena potensi lokal yang bisa diangkat sangat banyak, dengan membuat judul yang sangat bagus dan mengikuti panduan dengan taat insyaallah lebih dari 50% bisa didanai dari sorong. Tetap semangat dan jangan pantang menyerah.” Ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama tersebut, ketua PKM 2022 di UNIMUDA Sorong, yaitu Aldila Mawanti Athirah, S.Pd., M.Si. juga mengatakan pesannya yang kurang lebih sama dengan juri PIMNAS 2021 tersebut, beliau menyampaikan kepada seluruh mahasiswa UNIMUDA Sorong agar dapat mengikuti panduan PKM 2022 yang telah diberikan. Beliau juga menyampaikan harapannya untuk seluruh Sivitas Akademika UNIMUDA Sorong agar ikut menyukseskan tujuan dari pelaksanaan Program PKM pada tahun 2022 ini.

“Saya harapkan teman-teman banyak yang ikut berpartisipasi dalam PKM 2022 dan akan lebih banyak lagi yang lolos pendanaan bahkan hingga ke PIMNAS, lebih banyak dari tahun sebelumnya dan kemudian sehingga citra kampus kita ini diperhitungkan oleh universitas-universitas lain yang ada di Indonesia. Dan saya juga megharapkan kolaborasi, kerja sama dengan para dosen dan semua sivitas akademi untuk menyukseskan dan menggoalskan tujuan kami ini di PKM 2022” Sambungnya.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini pun aktif dalam memberikan feedback kepada pemateri. Pada akhir BIMTEK tersebut, beberapa peserta yang aktif tersebut mendapatkan doorprize dari LEMAWA sebagai penyelenggarakan kegiatan.

“sangat bagus”, “boleh tahun depan pematerinya langsung didatangkan ke sini” ... 

Demikianlah salah dua komentar dari sekian banyaknya komentar peserta di kolom komentar yang disediakan pada absensi berupa link yang telah dibagikan oleh panitia. Peserta menyampaikan harapan-harapan mereka di kolom komentar, dan banyak dari mereka juga yang berharap agar kegiatan yang sama di tahun yang akan datang dapat mendatangkan pematerinya langsung di UNIMUDA Sorong. (nw)

By Kadex Nugrah Dwi Purwani Senin, 21 Maret 2022 | 12:12 pm

Tulis Komentar Anda

Facebook UNIMUDA

Artikel Terbaru